Skip to main content

Rangkuman Status Laman (Tutup Aurat dan Jaga Akhlak) #1


السلام عليكم ورحمة الله و بركاته


QS. Al-Hijr, 15: 3
Dari Abu Hurairah r.a. dia berkata Rasulullah saw. bersabda, "Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman, 'AKU sesuai dengan persangkaan hamba-KU dan AKU selalu bersamanya ketika dia mengingat-KU. Jika dia mengingat-KU, maka AKU pun mengingatnya. Jika dia mengingat-KU dalam suatu dalam suatu jemaah manusia, maka AKU pun mengingatnya dalam suatu kumpulan mahluk yang lebih baik dari mereka. Jika dia mendekati-KU sejengkal, maka AKU mendekatinya sehasta. Jika dia mendekati-KU sehasta, maka AKU mendekatinya sedepa. Dan apabila dia datang kepada-KU dengan berjalan, maka AKU datang kepadanya dengan berlari." (HR. Muslim, 4832). Subhanallah

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,"Barang siapa menjaga tahajjud dengan sungguh-sungguh, maka ALLAH memberinya 9 KEMULIAAN, 5 di dunia & 4 diakhirat.
Di Dunia
1. ALLAH jauhkan dari bencana
2. Tanda kesholehan memancar diwajahnya
3. Akan dicintai hamba ALLAH yg sholeh & disegani manusia
4. Bicaranya jadi hikmah
5. Mudah faham Agama ALLAH.
Diakhirat
1. Bangkit dengan wajah penuh cahaya
2. Mudah saat hisab
3. Seperti kilat menyambar melewati shirot
4.Menerima catatan amal dari sebelah kanan.
سُبْحَانَ اللّهُ

Dari Abu Hurairah r.a. berkata: Ada seseorang yang datang menghadap Rasulullah dan bertanya, “Ya Rasulallah, siapakah orang yang lebih berhak dengan kebaikanku?” Jawab Rasulullah, “Ibumu.” Ia bertanya lagi, “Lalu siapa?” Jawabnya, “Ibumu.” Ia bertanya lagi, “Lalu siapa?” Jawabnya, “Ibumu.” Ia bertanya lagi, “Lalu siapa?” Jawabnya, “Ayahmu.” (Bukhari, Muslim, dan Ibnu Majah)
Pengulangan kata “ibu” sampai tiga kali menunjukkan bahwa ibu lebih berhak atas anaknya dengan bagian yang lebih lengkap, seperti al-bir (kebajikan), ihsan (pelayanan). Ibnu Al-Baththal mengatakan:
“Bahwa ibu memiliki tiga kali hak lebih banyak daripada ayahnya. Karena kata ‘ayah’ dalam hadits disebutkan sekali sedangkan kata ‘ibu’ diulang sampai tiga kali. Hal ini bisa dipahami dari kerepotan ketika hamil, melahirkan, menyusui. Tiga hal ini hanya bisa dikerjakan oleh ibu, dengan berbagai penderitaannya, kemudian ayah menyertainya dalam tarbiyah, pembinaan, dan pengasuhan.
Hal itu diisyaratkan pula dalam firman Allah swt., “Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun –selambat-lambat waktu menyapih ialah setelah anak berumur dua tahun–, bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. (QS. Luqman, 32: 14)
"Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan.” (QS. Al Isra, 17: 24)
BERBAKTILAH PADA ORANG TUA

Sungguh, seringkali manusia menggantungkan harapannya pada sesama, sehingga saat tidak tercapai, seringkali pula amarah mendahului rasa ikhlas akan ujian, kekecewaan yg didapat, marah, dendam, sedih berkepanjangan, berkata dan bersikap dengan hal yg tidak di ridhai ALLAH, bahkan berburuk sangka kepada manusia, juga kepada ketetapan ALLAH, dll. Maka dari itu, gantungkan dan serahkan segala urusan kepada ALLAH semata. "Dan Bertawakallah kepada ALLAH. Dan cukuplah ALLAH sebagai pemelihara." (QS. Al-Ahzab, 33: 3)

Sahabat, saudara(i)ku fillah, jika antum mengalami banyak hutang, sumber kehidupan kering, pencarian terhenti, takut kepada perbuatan orang dzalim, cemas & khawatir terhadap bencana, konflik keluarga tak kunjung usai, mengadulah kepada Allah seraya mengucapkan dengan tulus kalimat
'hasbunallah wa ni'mal wakil' yg artinya 'Cukuplah Allah menjadi penolong dan Dia sebaik-baiknya pelindung.' (QS. Ali-Imran : 173)

Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah* dan pengajaran yang baik, dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu, DIAlah yang lebih mengetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya dan DIAlah yang lebih mengetahui siapa yang mendapat petunjuk.
(QS.An-Nahl, 16: 125)
*Perkataan yang tegas & benar yang dapat membedakan antara yang hak & yang batil

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:
"Allah Yang Mahasuci lagi Mahatinggi berfirman, 'Aku telah membagi shalat antara Aku dan Hamba-Ku menjadi dua bagian. Sebagiannya untuk-Ku dan sebagiannya lagi untuk hamba-Ku, dan bagi hamba-Ku apa yang dimintanya." Rasulullah kemudian bersabda: "Bacalah! Bila sang hamba membaca: "Al-Hamdulillaahi Rabbil 'Alamin," Allah Subhanahu wa Ta'ala menjawab: "Hamba-Ku memuji-Ku." Bila sang hamba membaca: "ar-Rahmaanirrahiim," Allah Subhanahu wa Ta'ala menjawab: "Hamba-Ku menyanjung-Ku." Bila sang hamba membaca: "Maaliki Yaumiddiin," Allah Subhanahu wa Ta'ala menjawab: "Hamba-Ku memuliakan-Ku." Bila sang hamba membaca: "Iyyaaka Na'budu wa Iyyaaka Nasta'iin," [Allah Subhanahu wa Ta'ala menjawab]: "Ini adalah antara Aku dengan hamba-Ku, dan untuk hamba-Ku apa yang ia minta." Bila sang hamba membaca: "Ihdinash Shiraathal Mustaqiim Shiraathal ladziina An'amta 'alaihim Ghairil Maghdhuubi 'alaihim waladh Dhaaliin," [Allah Subhanahu wa Ta'ala menjawab]: "Semua itu adalah untuk hamba-Ku, dan bagi hamba-Ku akan mendapatkan apa yang ia minta." (Di riwayatkan oleh Muslim, Abu 'Awanah, dan Malik. Hadits ini mempunyai syahid [pendukung] yaitu hadits dari Jabir bin 'Abdillah r.a. yang diriwayatkan oleh as-Sahmi dalam Taariikh Jurjaan [hal. 144])
Maha Suci Engkau ya Allah, Segala Puji Hanya Bagi ALLAH.. Tuhan Seluruh Alam Semesta


Rangkuman Status Laman Tutup Aurat dan Jaga Akhlak, 11 - 17 Desember 2011

Comments

Popular posts from this blog

Sujud saat Prosesi Wisuda

Subhanallah, Allahu akbar, masya Allah ,... itulah komentar-komentar yang terucap terhadap foto ini dalam laman facebook I'm Muslim & I'm Proud . Dalam foto tersebut terlihat seorang wisudawan sedang bersujud, entah sujud syukur atau sedang mendirikan sholat di tengah prosesi wisuda.

Cinta Karena Allah Itu Mempunyai Harga Sangat Mahal, Siapkah Kita Membayarkannya?

Oleh: Abdullah Shaleh Hadrami Cinta karena Allah itu mempunyai harga sangat mahal yang harus dibayar, dan sedikit sekali yang mau membayarnya. Apa harga mahal yang harus dibayar itu? Harga mahal yang harus dibayarkan oleh siapa saja yang mengaku cinta karena Allah, yaitu; SALING MENASEHATI, sebagaimana firman Allah ta'ala dalam surat 103 Al-'Ashr. Seseorang yang mengaku cinta kepada temannya karena Allah maka harus terus menerus mengawasi temannya tersebut untuk saling menasehati dalam kebaikan dan kebenaran. Hal ini jarang dilakukan oleh orang-orang yang mengaku saling cinta karena Allah, dengan alasan khawatir temannya tersinggung, atau khawatir temannya marah, atau khawatir temannya meninggalkannya, dan berbagai macam alasan lainnya.. Jadi, harga mahal yang harus dibayarkan oleh orang-orang yang saling mencintai karena Allah adalah saling menasehati dengan melakukan amar makruf nahi munkar, yaitu saling mengingatkan dan memotivasi untuk menjadi lebih baik

Kisah Bidadari Surga

Bismillahir-Rahmanir-Rahim  Saat aku mengandung putriku, Afnan, ayahku melihat sebuah mimpi di dalam tidurnya. Ia melihat banyak buruk pipit yang terbang di angkasa. Di antara burung-burung tersebut terdapat seekor merpati putih yang sangat cantik, terbang jauh meninggi ke langit. Maka aku bertanya kepada ayah tentang tafsir dari mimpi tersebut. Maka ia mengabarkan kepadaku bahwa burung-burung pipit tersebut adalah anak-anakku, dan sesungguhnya aku akan melahirkan seorang gadis yang bertakwa. Ia tidak menyempurnakan tafsirnya, sementara akupun tidak meminta tafsir tentang takwil mimpi tersebut. Setelah itu aku melahirkan putriku, Afnan. Ternyata dia benar-benar seorang gadis yang bertakwa. Aku melihatnya sebagai seorang wanita yang shalihah sejak kecil. Dia tidak pernah mau mengenakan celana, tidak juga mengenakan pakaian pendek, dia akan menolak dengan keras, padahal dia masih kecil. Jika aku mengenakan rok pendek padanya, maka ia mengenakan celana panjang di balik rok terse